Asdar Akbar Koordinator Aksi: Ketua Pansus Tegas Tidak Ada Pemakzulan Terhadap NA

hasyim, 19 Aug 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

SULSEL-Ketua dan Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan Kadir Khalid dan Aroem Spink akhirnya menerima Asdar Akbar selaku Koordinator Lapangan sekaligus Penanggungjawab aksi demo masyarakat dari berbagai elemen di Kantor DPRD Sulsel, hari ini, Senin (19/08/2019.

“Alhamdulillah kami disambut baik oleh Bapak Ketua, Wakil Ketua Pansus Hak Angket hari ini.

Kami diterima dengan baik,” jelas Asdar Akbar pada otonominews usai diterima Pansus Angket DPRD Sulsel, Senin (19/08/2019).

Dijelaskan Asdar Akbar, saat diterima, dirinya dengan beberapa orang perwakilan elemen masyarakat yang ikut berdemo depan Kantor DPRD membacakan surat pernyataan sikap terkait lima point rekomendasi Pansus Angket yang sudah beredar luas di tengah masyarakat.

“Pada dasarnya para pendemo tidak menolak hak angket. Kami bahkan mendukung dengan catatan, rakyat Sulsel menolak jika ada rekomendasi pemakzulan bagi Gubernur Nurdin Abdullah, Itu kita tolak keras,” tegasnya.

Pihaknya menilai, lima point tuntutan pansus angket tersebut tidak berdasar dan pihak pendemo menolak semuanya.

Alasannya, karena itu ranah administrasi hukum dan tidak bisa dipansuskan.

“Kalau pun misalnya harus ada rekomendasi ke Mahkamah Agung tentang pemakzulan, kami sebut bahwa itu akan menjatuhkan kredibilitas DPRD.

Karena kami yakin, MA akan mengembalikan ke Pengadilan Tata Usaha Negara,” terang Asdar Akbar.

Asdar Akbar menyebut, terungkap pada pertemuan tersebut bahwa Ketua Pansus Kadir Khalid membantah bahwa ada kata-kata pemakzulan dalam lima point tuntutan Hak Angket terhadap Gubernur Nurdin Abdullah.

“Pak Ketua Pansus bilang apa yang beredar di publik itu tidak benar. Beliau bilang tidak ada kata-kata pemakzulan di lima point tuntutan tersebut. Jadi, intinya Pak Ketua Pansus membantah ada pemakzulan atau rekomendasi pemberhentian terhadap Gubernur Nurdin Abdullah,” tuturnya.

Dikatakan Asdar Akbar, saat pertemuan itu Kadir Khalid juga menjelaskan bahwa semua masih dalam proses dan semuanya nanti diserahkan pada Rapat Paripurna. “Rapat Paripurna yang dijadwalkan hari ini diundur sampai Jumat nanti.

Jadi, Pak Ketua Pansus menegaskan, tidak ada pemakzulan,” tegas Asdar Akbar.

Tak hanya itu, lanjutnya, bahkan Wakil Ketua Pansus Angket DPRD Sulsel dari Fraksi Partai NasDem, Aroem Spink juga mengungkapkan, pihaknya siap mendukung program-program Gubernur Nurdin Abdullah.

“Pak Aroem bilang siap mendukung program Pak Gubernur,” katanya.

Asdar Akbar mengatakan, aksi demo yang berada di bawah komandonya tersebut berjalan dengan lancar, aman, dan tertib.

Oleh sebab itu, katanya, Polda Sulawesi Selatan dan Poltabes Makassar merespons baik dan juga tidak mempermasalahkan bila Jumat mendatang dirinya akan melakukan aksi demo dengan jumlah lebih besar.

Aksi demo hari ini dihadiri lebih dari seribu orang yang terdiri dari 11 organisasi masyarakat, 7 Lembaga Swadaya Masyarakat, 19 grup relawan, hingga kelompok-kelompok mahasiswa. “Aksi demonstrasi berjalan dengan aman, tertib, dan lancar,” pungkasnya.

(*)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu